Rabu, 23 Mei 2012

Kenapa Hukum Karma Itu ada bagi Umat Buddha

Karma

Karma artinya adalahperbuatan, yang dalam arti umum meliputi semua jenis kehendak dan maksud perbuatan, yang baik maupun yang buruk, lahir atau batin dengan pikiran, kata-kata atau tindakan. Makna yang luas dan sebenarnya dari karma adalah semua kehendak atau keinginan, yang baik maupun yang buruk. Mengenai hal ini, Hyang Buddha pernah bersabda,
O.. bhikkhu, kehendak untuk berbuat (cetana) itulah yang kami namakan Karma. Sesudah berkehendak, orang lantas berbuat dengan badan, perkataan atau pikiran.

Hyang Buddha pernah bersabda (Samyutta Nikaya I, hal. 227) sebagai berikut: Sesuai dengan benih yang telah ditaburkan begitulah buah yang akan dipetiknya, pembuat kebaikan akan mendapat kebaikan, pembuat kejahatan akan memetik kejahatan pula. Tertaburlah olehmu biji-biji benih dan engkau pulalah yang akan merasakan buah-buah dari padanya.
Dalam satu sutra (A.N.5.31), anak perempuan dari raja yang bernama Sumana datang menghadap Hyang Buddha dan bertanya apakah ada perbedaan antara orang yang suka memberi persembahan makanan pada para bhikkhu dan yang tidak, jika keduanya terlahir di surga. Hyang Buddha mengatakan bahwa perbedaan di antara mereka berdua adalah si pemberi dana akan memiliki masa hidup, kecantikan, kehormatan dan pengaruh yang melebihi yang tidak berdana. Sumana kemudian bertanya apakah adaya perbedaan di antara mereka berdua bila keduanya terlahir di alam manusia. Sekali lagi Hyang Buddha berkata bahwa terdapat perbedaan si pemberi dana persembahan akan memiliki masa hidup, kecantikan, kebahagiaan, kehormatan dan pengaruh yang melebihi mereka yang tidak berdana. Sumana kemudian bertanya apakah terdapat perbedaan jika keduanya meninggalkan kehidupan duniawi dan menjadi bhikkhu. Hyang Buddha menjawab dengan tegas, pemberi dana persembahan akan memperoleh lebih banyak persembahan berupa makanan, tempat tinggal dan obat-obatan dari umat awam ketika ia menjadi bhikkhu; lebih banyak orang yang menyukainya dan dia akan mempunyai tempat untuk hidup dibandingkan dengan yang tidak memberi dana persembahan.

Karma dapat dibagi dalam tiga golongan:
1. 1) Karma Pikiran (Mano Karma)
2. 2) Karma Ucapan (Vaci Karma)
3. 3) Karma Perbuatan (Kaya Karma)

10 (sepuluh) jenis karma baik :
1) Gemar beramal dan bermurah hati (Dana) - Akan berakibat dengan diperolehnya kekayaan dalam kehidupan ini atau kehidupan yang akan datang.
2) Hidup bersusila (Sila) - Mengakibatkan terlahir kembali dalam keluarga luhur yang keadaannya berbahagia.
3) Bermeditasi (Bhavana) - Berakibat dengan terlahir kembali di alam-alam sorga.
4) Berendah hati dan menghormati orang yang patut dihormati (Apacayana) - Menyebabkan terlahir kembali dalam keluarga luhur.
5) Berbakti atau melayani orang yang patut dilayani (Veyyavacca) - Berbuah dengan diperolehnya penghargaan dari masyarakat.
6) Cenderung untuk membagi kebahagiaan kepada orang lain atau pemberian Jasa (Pattidana) - Berbuah dengan terlahir kembali dalam keadaan berlebih dalam banyak hal.
7) Bersimpati terhadap kebahagiaan orang lain atau turut bahagia atas kebaikan orang lain (Pattanumodana) - Menyebabkan terlahir dalam lingkungan yang menggembirakan.
8) Mendengarkan Dharma (Dharma Savanna) - Berbuah dengan bertambahnya kebijaksanaan.
9) Membabarkan Dharma (Dharma Desana) - Berbuah dengan bertambahnya kebijaksanaan.
10) Mengarahkan pada pandangan benar (Ditthijju karma)- Berbuah dengan diperkuatnya keyakinan.

10 (sepuluh) jenis karma buruk :
1) Pembunuhan (Panatipata) - Akibatnya pendek umur, berpenyakitan, senantiasa dalam kesedihan karena terpisah dari keadaan atau orang yang dicintai, dalam hidupnya senantiasa berada dalam ketakutan.
2) Pencurian atau mengambil barang yang tidak diberikan (Adinnadana) - Akibatnya kemiskinan, dinista dan dihina, dirangsang oleh keinginan yang senantiasa tidak tercapai, penghidupannya senantiasa tergantung pada orang lain.
3) Perbuatan asusila (Kamesumicchacara) - Akibatnya mempunyai banyak musuh, beristeri atau bersuami yang tidak disenangi, terlahir sebagai pria atau wanita yang tidak normal seksnya.
4) Berdusta (Musavada) - Akibatnya menjadi sasaran penghinaan, tidak dipercaya khalayak ramai.
5) Menfitnah (Pisunavaca) - Kehilangan sahabat-sahabat tanpa sebab yang berarti.
6) Kata-kata kasar dan kotor - Akibatnya sering didakwa yang bukan-bukan oleh orang lain.
7) Omong kosong (Samphappalapa) - Akibatnya bertubuh cacat, berbicara tidak tegas, tidak dipercaya oleh khalayak ramai.
8) Keserakahan atau ketamakan(Abhijja) - Akibatnya tidak tercapai keinginan yang sangat-sangat diharapkan.
9) Kebencian, kemauan jahat atau niat untuk mencelakakan makhluk lain (Vyapada) - Akibatnya buruk rupa, macam-macam penyakit, watak tercela.
10) Pandangan salah (Micchaditthi) - Akibatnya tidak melihat keadaan yang sewajarnya, kurang bijaksana, kurang cerdas, penyakit yang lama sembuhnya, pendapat yang tercela.

Lima perbuatan durhaka yang mempunyai akibat yang sangat berat yaitu terlahir di alam neraka (Akusala Garuka Karma):
1. 1) Membunuh ibu
2.2) Membunuh ayah
3.3) Membunuh seorang Arahat
4.4) Melukai seorang Buddha
5.5) Menyebabkan perpecahan dalam Sangha

Karma berdasarkan jangka waktu berbuahnya :
1. 1) Ditthadharma Vedaniya Karma adalah Karma yang berbuahnya juga dalam kehidupan sekarang.
2.2)Upajja Vedaniya Karma adalah Perbuatan yang kita lakukan sekarang, hasilnya tepat di kehidupan yang akan datang.
3.3) Aparapara Vedaniya Karma adalah Perbuatannya itu hasilnya berturut-turut selama kehidupannya berlangsung.
4.4) Ahosi Karma adalah Karma yang tidak bisa berbuah lagi, karena jangka waktu berbuah dan kondisi pendukungya sudah habis.

Karma berdasarkan kekuatannya :
1. 1) Garuka Karma adalah Perbuatan yang akibatnya paling besar atau kuat.
2.2) Asañña Karma adalah Perbuatan yang dilakukan menjelang kematian yang kekuatannya paling kuat. Jadi misalnya saat kita berada pada menjelang kematian maka setelah itu kita akan dilahirkan di alam sesuai dengan pkiran pada saat menjelang kematian itu, misalnya saja marah maka setelah itu akan terlahir di alam Neraka. Namun itu sesuai dengan karma baik kita juga. Jika karma baik kita menopang maka terlahir di alam Neraka hanya sebentar. Begitu pula sebaliknya.
3.3) Aciñña Karma adalah Perbuatan yang dilakukan terus menerus yang akhirnya akan menjadi watak atau kebiasaan ( karena kebiasaan yang dilakukan ).
4.4) Katatta Karma adalah Kekuatan yang paling ringan atau cetananya ringan.

Karma berdasarkan Fungsinya :
1. 1) Janaka Karma adalah Karma yang berfungsi untuk mendorong kelahiran suatu makhuk (potensi).
2.2) Upatahmbaka Karma adalah Karma yang fungsinya untuk memperkuat, menambah Janaka Karma jadi hasilnya bisa menjadi besar (karma yang searah).
3.3) Upapilaka Karma adalah Karma yang mengurangi kekuatan Janaka Karma yang arahnya berlawanan.
4.4) Upaghataka Karma adalah Karma yang berfungsi untuk menghancurkan kekuatan dari Janaka Karma.

    atau dalam penjelasan lain Karma adalah hukum sebab-akibat moral. Teori Karma adalah doktrin mendasar dalam Buddhisme. Kepercayaan ini sudah umum di India sebelum munculnya Sang Buddha. Namun demikian, itu adalah Buddha yang menjelaskan dan merumuskan doktrin ini dalam bentuk lengkap di mana kita memiliki hari ini.

    
Apa penyebab dari ketimpangan yang ada antara umat manusia?
    
Mengapa satu orang dibesarkan dalam kemewahan, memiliki kualitas mental, moral dan fisik bagus, dan satu lagi di kemiskinan absolut, direndam dalam kesengsaraan?
    
Mengapa satu orang menjadi ajaib mental, dan lain idiot?
    
Mengapa satu orang dilahirkan dengan karakteristik yang suci dan lain dengan kecenderungan kriminal?
    
Mengapa beberapa menjadi linguistik, artistik, matematis cenderung, atau musik dari buaian sangat?
    
Mengapa orang lain menjadi kongenital buta, tuli, atau cacat? |
    
Mengapa beberapa diberkati, dan lain-lain dikutuk dari kelahiran mereka?Entah ini ketimpangan umat manusia memiliki sebab, atau itu adalah murni kebetulan. Tidak ada orang yang berakal akan berpikir ini menghubungkan ketidakrataan, ketimpangan ini, dan keragaman ini kebetulan buta atau kecelakaan murni.Di dunia ini tidak ada yang terjadi kepada seseorang bahwa dia tidak untuk beberapa alasan atau lainnya layak. Biasanya, orang intelek biasa tidak dapat memahami alasan sebenarnya atau alasan. Penyebab yang pasti tak terlihat atau penyebab dari efek terlihat tidak selalu terbatas pada kehidupan sekarang, mereka dapat ditelusuri ke masa lalu lahir proksimat atau remote.Menurut agama Buddha, ketimpangan ini disebabkan tidak hanya faktor keturunan, "nature dan nurture" lingkungan, tetapi juga untuk Karma. Dengan kata lain, itu adalah akibat dari tindakan kita sendiri masa lalu dan perbuatan kita sendiri ini. Kita sendirilah yang bertanggung jawab untuk kebahagiaan kita sendiri dan kesengsaraan. Kami menciptakan surga kita sendiri. Kami menciptakan neraka kita sendiri. Kami adalah arsitek dari nasib kita sendiri.Bingung dengan perbedaan, tampaknya tak dapat dijelaskan jelas bahwa ada di antara umat manusia, muda pencari kebenaran mendekati Sang Buddha dan menanyakan tentang masalah ini rumit ketidaksetaraan:"Apa penyebabnya, apa alasan, ya Tuhan," ia mempertanyakan, "bahwa kita menemukan di antara umat manusia yang berumur pendek dan berumur panjang, sehat dan sakit, jelek dan indah, mereka tidak memiliki pengaruh dan kuat , yang miskin dan yang kaya, rendah lahir dan tinggi kelahiran, dan yang bodoh dan bijaksana? "Jawabannya Buddha adalah:

    
"Semua makhluk hidup memiliki tindakan (karma) sebagai milik mereka, warisan mereka, sebab bawaan mereka, kerabat mereka, mereka mengungsi Ini adalah Karma yang membedakan makhluk menjadi negara rendah dan tinggi.."Dia kemudian menjelaskan penyebab perbedaan tersebut sesuai dengan hukum sebab dan akibat.Tentu kita dilahirkan dengan karakteristik keturunan. Pada saat yang sama kita memiliki kemampuan bawaan tertentu bahwa ilmu pengetahuan tidak dapat secara memadai menjelaskan. Untuk orang tua kita, kita berhutang untuk sperma dan ovum kotor yang membentuk inti dari makhluk yang disebut. Mereka tetap aktif dalam setiap orangtua sampai senyawa ini germinal potensial vitalised oleh energi karma diperlukan untuk produksi janin. Karma adalah karena penyebab conceptive tak terpisahkan dari makhluk ini.Karma akumulasi kecenderungan, mewarisi dalam perjalanan kehidupan sebelumnya, pada waktu memainkan peran jauh lebih besar dari sel orang tua keturunan dan gen dalam pembentukan karakteristik baik fisik dan mental.Sang Buddha, misalnya, warisan, seperti setiap orang lain, sel-sel reproduksi dan gen dari orang tuanya. Tapi secara fisik, secara moral dan intelektual tak ada yang sebanding dengan dia di baris yang panjang leluhur Kerajaan. Dengan kata sendiri Sang Buddha, ia milik bukan kepada keturunan Raja, tetapi dengan para Buddha Arya. Dia tentu superman, sebuah penciptaan luar biasa Karma sendiri.Menurut Sutta Lakkhana dari Digha Nikaya, Sang Buddha mewarisi fitur luar biasa, seperti 32 tanda utama, sebagai hasil dari perbuatan masa lalunya berjasa. Alasan etis untuk memperoleh setiap fitur fisik jelas dijelaskan dalam Sutta ini.Sudah jelas dari kasus unik yang karma kecenderungan tidak bisa hanya mempengaruhi organisme fisik kita, tetapi juga meniadakan potensi sel induk serta gen - maka makna dari pernyataan penuh teka-teki Buddha, - "Kami adalah ahli waris dari tindakan kita sendiri. "Berurusan dengan masalah variasi, Atthasalini, menjadi komentar pada, Abhidharma menyatakan:"Tergantung pada perbedaan dalam Karma muncul perbedaan dalam kelahiran makhluk, tinggi dan rendah, dasar dan mulia, bahagia dan sengsara Tergantung pada perbedaan Karma muncul perbedaan dalam setiap fitur makhluk seindah dan jelek, tinggi. lahir rendah atau lahir, baik dibangun atau cacat. Tergantung pada perbedaan Karma muncul perbedaan dalam kondisi duniawi makhluk, seperti keuntungan dan kerugian, dan aib, menyalahkan dan pujian, kebahagiaan dan kesengsaraan. "Dengan demikian, dari sudut pandang Buddhis, sekarang mental kita, perbedaan intelektual dan temperamental moral, untuk sebagian besar, karena tindakan kita sendiri dan kecenderungan, baik dulu dan sekarang.Meskipun Buddhisme atribut variasi ini untuk Karma, sebagai penyebab utama di antara berbagai, itu tidak, bagaimanapun, menegaskan bahwa segala sesuatu adalah karena Karma. Hukum Karma, penting seperti itu, hanya salah satu dari dua puluh empat kondisi yang dijelaskan dalam Filsafat Budha.Menyangkal pandangan yang keliru bahwa "apapun keberuntungan atau kemalangan yang dialami semua karena beberapa tindakan sebelumnya", Sang Buddha berkata:"Jadi, kemudian, menurut pandangan ini, karena pria tindakan sebelumnya akan menjadi pembunuh, pencuri, kotor, pembohong, pemfitnah, serakah, jahat dan sesat demikian,. Bagi mereka yang kembali pada perbuatan mantan sebagai alasan penting, ada bukan keinginan untuk melakukan, atau upaya yang harus dilakukan, atau keharusan untuk melakukan perbuatan ini, atau menjauhkan diri dari perbuatan ini. "Inilah teks penting, yang menyatakan keyakinan bahwa semua keadaan fisik dan mental musim semi sikap semata-mata dari Karma masa lalu yang bertentangan Buddha. Jika kehidupan sekarang benar-benar dikondisikan atau seluruhnya dikontrol oleh tindakan masa lalu kita, maka dipastikan Karma sama saja dengan fatalisme atau determinisme atau predestinasi. Jika ini benar, kehendak bebas akan menjadi absurd. Hidup akan murni mekanistik, tidak jauh berbeda dari mesin. Yang diciptakan oleh Allah yang Mahakuasa yang mengendalikan nasib kita dan menentukan lebih dahulu masa depan kita, atau diproduksi oleh Karma menarik yang benar-benar menentukan nasib kita dan mengontrol saja hidup kita, terlepas dari tindakan bebas dari pihak kita, pada dasarnya sama. Perbedaan hanya terletak pada dua kata Tuhan dan Karma. Satu dengan mudah dapat diganti untuk yang lain, karena operasi utama dari kedua pasukan akan sama.Seperti doktrin fatalistik bukan hukum Buddha Karma.Menurut agama Buddha, ada lima perintah atau proses (niyama) yang beroperasi di alam fisik dan mental.Mereka adalah:

    
Utu Niyama - order anorganik fisik, misalnya musiman fenomena angin dan hujan. Urutan tepat dari musim, perubahan musiman karakteristik dan peristiwa, penyebab angin dan hujan, sifat panas, dll, semua milik kelompok ini.
    
Bija Niyama - agar kuman dan bibit (urutan organik fisik), misalnya beras dihasilkan dari padi bibit, rasa manis dari tebu atau madu, karakteristik khas dari buah-buahan tertentu, dll teori ilmiah sel dan gen dan kemiripan fisik anak kembar dapat dianggap berasal dari perintah ini.
    
Karma Niyama - urutan tindakan dan hasil, misalnya, tindakan yang diinginkan dan tidak diinginkan menghasilkan hasil yang baik dan buruk yang sesuai. Demi mencari tingkat air sendiri sehingga tidak Karma, diberi kesempatan, menghasilkan hasil yang tak terelakkan, bukan dalam bentuk hadiah atau hukuman tetapi sebagai urutan bawaan. Urutan perbuatan dan efek adalah sebagai alam dan diperlukan sebagai cara dari matahari dan bulan.
    
Dhamma Niyama - urutan norma, misalnya, fenomena alam yang terjadi pada kedatangan seorang Bodhisattva dalam kelahiran terakhirnya. Gravitasi dan hukum lain yang serupa alam. Alasan alami untuk menjadi baik dan sebagainya, dapat dimasukkan dalam kelompok ini.
    
Citta Niyama - order atau pikiran atau hukum psikis, misalnya, proses kesadaran, timbul dan binasa kesadaran, konstituen kesadaran, kekuatan pikiran, dll, termasuk telepati, telaesthesia, retro-kognisi, firasat, clairvoyance, clairaudience, pikir- seperti membaca dan fenomena psikis lainnya yang bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan modern.Setiap fenomena mental atau fisik dapat dijelaskan oleh mencakup semua lima perintah atau proses hukum yang dalam diri mereka. Karma seperti itu hanya satu dari lima perintah. Seperti semua hukum alam lainnya mereka menuntut pemberi hukum tidak ada.Dari kelima, urutan anorganik fisik dan urutan norma kurang lebih mekanistik, meskipun mereka dapat dikontrol sampai batas tertentu oleh kecerdikan manusia dan kekuatan pikiran. Misalnya, kebakaran biasanya luka bakar, dan membeku dingin ekstrim, tetapi manusia telah berjalan sehat walafiat di atas api dan bermeditasi telanjang di salju Himalaya; hortikulturis telah bekerja keajaiban dengan bunga dan buah-buahan; Yogi telah melakukan levitasi. Hukum psikis sama mekanistik, tetapi pelatihan Buddhis bertujuan mengendalikan pikiran, yang mungkin dengan pemahaman yang benar dan kemauan terampil. Hukum karma beroperasi secara otomatis dan cukup, ketika Karma sangat kuat, manusia tidak dapat mengganggu hasil tak terhindarkan nya meskipun ia mungkin keinginan untuk melakukannya, tapi di sini juga pemahaman yang benar dan kemauan terampil dapat mencapai banyak dan cetakan masa depan. Good Karma, bertahan dalam, dapat menggagalkan menuai Karma buruk, atau karena beberapa sarjana Barat lebih suka mengatakan 'pengaruh tindakan', ini tentunya merupakan hukum rumit yang bekerja sepenuhnya dipahami hanya oleh seorang Buddha. Para Buddhis bertujuan untuk kehancuran akhir dari Karma semua.Apa itu Karma?Karma Istilah Pali secara harafiah berarti tindakan atau lakukan. Setiap jenis tindakan yang disengaja apakah mental, verbal, atau fisik, dianggap sebagai Karma. Ini mencakup semua yang termasuk dalam "pikiran kata, dan perbuatan" frase. Secara umum, semua tindakan baik dan buruk merupakan Karma. Dalam Karma rasa utamanya berarti semua kemauan moral dan tidak bermoral. Tindakan disengaja, tidak disengaja atau tidak sadar, meskipun perbuatan secara teknis, tidak merupakan Karma, karena kemauan, faktor yang paling penting dalam menentukan Karma, tidak ada.Sang Buddha mengatakan:

    
"Saya menyatakan, O bhikkhu, bahwa kemauan adalah Karma Setelah menghendaki seseorang bertindak dengan jasmani, ucapan,. Dan berpikir." (Anguttara Nikaya)Setiap tindakan kehendak individu, menyelamatkan orang dari Buddha dan Arahat, disebut Karma. Pengecualian dibuat dalam kasus mereka adalah karena mereka dibebaskan dari kebaikan dan kejahatan, mereka memiliki kebodohan dibasmi dan keinginan, akar Karma."Hancur adalah biji germinal mereka (Khina bija); keinginan egois tidak lagi tumbuh," negara Sutta Ratana Sutta dari nipata.Ini tidak berarti bahwa Buddha dan Arahantas pasif. Mereka tanpa lelah aktif dalam bekerja untuk makhluk baik yang nyata dan kebahagiaan dari semua. Perbuatan mereka biasanya diterima sebagai baik atau moral, kurangnya daya kreatif dalam hal sendiri. Memahami hal-hal sebagaimana adanya, mereka akhirnya menghancurkan belenggu kosmik mereka - rantai sebab dan akibat.Karma tidak selalu berarti tindakan masa lalu. Ini mencakup baik perbuatan masa lalu dan sekarang. Oleh karena itu di satu sisi, kita adalah hasil dari apa yang kami, kami akan menjadi hasil dari apa yang kita. Dengan kata lain, harus ditambahkan, kita tidak benar-benar hasil apa yang kami, kami tidak akan benar-benar menjadi hasil dari apa yang kita. Saat ini tidak diragukan lagi keturunan dari masa lalu dan masa sekarang dari masa depan, tapi sekarang tidak selalu merupakan indeks sejati baik masa lalu atau masa depan; kompleks sehingga adalah kerja Karma.Ini adalah doktrin Karma bahwa ibu mengajarkan anaknya ketika dia mengatakan "Jadilah baik dan Anda akan senang dan kami akan mencintai Anda, tetapi jika Anda buruk, Anda akan bahagia dan kami tidak akan mencintaimu." Singkatnya, Karma adalah hukum sebab dan akibat di bidang etika.Karma dan vipakaKarma adalah tindakan, dan vipaka, buah atau hasil, adalah reaksinya.Sama seperti setiap objek disertai dengan bayangan, meskipun demikian setiap aktivitas kehendak yang pasti disertai dengan efek haknya. Karma adalah seperti benih potensial: vipaka bisa disamakan dengan buah yang berasal dari pohon - efek atau hasil. Anisamsa dan Adinaya adalah daun, bunga dan sebagainya yang sesuai dengan perbedaan eksternal seperti kesehatan, penyakit dan kemiskinan - ini adalah konsekuensi tak terhindarkan, yang terjadi pada saat yang sama. Sebenarnya, baik Karma dan vipaka berkaitan dengan pikiran.Sebagai Karma mungkin baik atau buruk, jadi mungkin vipaka, - buah - baik atau buruk. Seperti Karma adalah mental sehingga vipaka adalah mental (pikiran). Hal ini dialami sebagai kebahagiaan, kesedihan kebahagiaan, atau kesengsaraan, sesuai dengan sifat dari benih Karma. Anisamsa keuntungan bersamaan - materi hal-hal seperti kemakmuran, kesehatan dan umur panjang. Ketika hal-hal secara bersamaan vipaka yang material merugikan, mereka dikenal sebagai Adinaya, penuh kemalangan, dan muncul sebagai kemiskinan, keburukan, penyakit, umur pendek dan sebagainya.Seperti yang kita tabur, kita menuai suatu tempat dan waktu, dalam hidupnya atau dalam kelahiran masa depan. Apa yang kita tuai hari ini adalah apa yang kita tabur baik sekarang atau di masa lalu.Para Samyutta Nikaya menyatakan:

    
"Sesuai dengan benih yang ditaburkan itu,
    
Begitu juga dengan buah Anda menuai sana dari,
    
Pelaku baik akan berkumpul baik,
    
Pelaku kejahatan, kejahatan menuai,
    
Down adalah benih dan rasa haruslah engkau
    
Buah dari padanya. "Karma adalah hukum itu sendiri, yang bergerak pada bidang sendiri tanpa campur tangan agen, putusan eksternal yang independen.Kebahagiaan dan penderitaan, yang merupakan tempat umum umat manusia, adalah efek tak terelakkan dari penyebab. Dari sudut pandang Buddhis, mereka tidak imbalan dan hukuman, yang ditugaskan oleh kekuatan, putusan supranatural mahatahu untuk jiwa yang telah dilakukan baik atau jahat. Teis, yang mencoba untuk menjelaskan segala sesuatu dalam hidup ini dan temporal dan dalam kehidupan masa depan yang kekal, mengabaikan masa lalu, percaya pada keadilan 'postmortem', dan mungkin menganggap kebahagiaan dan penderitaan hadir sebagai berkat dan kutukan yang diberikan kepada ciptaan-Nya dengan sebuah maha tahu dan mahakuasa Ilahi Penguasa yang duduk di langit di atas mengendalikan nasib umat manusia. Buddhisme, yang dengan tegas menyangkal seperti sebuah Mahakuasa, Semua kerahiman Allah-Pencipta dan jiwa yang abadi sewenang-wenang dibuat, percaya pada hukum alam dan keadilan yang tidak bisa ditunda baik oleh Allah yang Mahakuasa atau Maha baik Buddha. Menurut hukum alam ini, tindakan menanggung ganjaran mereka sendiri dan hukuman untuk pelaku individu apakah keadilan manusia tahu atau tidak.Ada beberapa yang mengkritik demikian: "Jadi, Anda umat Buddha juga, mengelola opium kapitalistik untuk rakyat, katanya:" Anda lahir miskin dalam hidup ini karena karma masa lalu yang jahat. Ia terlahir kaya karena Karma baiknya. Jadi, puas dengan banyak rendah hati Anda, tetapi berbuat baik untuk menjadi kaya dalam kehidupan berikutnya. Anda sedang tertindas sekarang karena Karma masa lalu yang jahat. Ada takdir Anda. Jadilah rendah hati dan menanggung penderitaan Anda dengan sabar. Apakah baik sekarang. Anda dapat yakin kehidupan yang lebih baik dan lebih bahagia setelah kematian. "Ajaran Buddha Karma tidak menjelaskan pandangan seperti fatalistik konyol. Juga tidak membela keadilan postmortem. Yang Maha Penyayang Buddha, yang tidak memiliki motif egois tersembunyi, tidak mengajarkan hukum Karma untuk melindungi orang kaya dan menghibur kaum miskin dengan menjanjikan kebahagiaan semu dalam kehidupan setelah.Sementara kita dilahirkan ke keadaan yang diciptakan oleh diri kita sendiri, namun oleh kita sendiri mandiri upaya ada setiap kemungkinan bagi kita untuk membuat baru, lingkungan yang menguntungkan bahkan di sini dan sekarang. Tidak hanya individu, tetapi juga, secara kolektif, kita bebas untuk menciptakan Karma segar yang mengarah baik terhadap kemajuan kita atau kejatuhan dalam kehidupan ini.Menurut ajaran Buddha Karma, salah satu tidak selalu dipaksa oleh sebuah 'kebutuhan besi', untuk Karma adalah nasib, maupun predestinasi ditimpakan kepada kita oleh suatu kekuatan misterius yang tidak diketahui di mana kita tanpa daya harus menyerahkan diri kita sendiri. Ini adalah salah satu sendiri melakukan bereaksi pada diri sendiri, dan jadi satu memiliki kemungkinan untuk mengalihkan jalannya Karma seseorang sampai batas tertentu. Seberapa jauh satu pengalihan itu tergantung pada diri sendiri.Apakah satu terikat untuk menuai semua yang telah ditabur hanya dalam proporsi?Sang Buddha memberikan jawaban:

    
"Jika seseorang mengatakan bahwa seorang pria atau wanita harus menuai dalam kehidupan ini menurut perbuatannya sekarang ini, dalam hal bahwa tidak ada kehidupan beragama, juga tidak diberikan kesempatan untuk kepunahan seluruh kesedihan. Tetapi jika seseorang mengatakan bahwa apa yang seorang pria atau wanita menuai dalam perjanjian ini dan masa depan hidup dengan nya atau perbuatannya sekarang dan masa lalu, dalam hal bahwa ada kehidupan beragama, dan kesempatan yang diberikan atas kepunahan seluruh kesedihan seorang. " (Anguttara Nikaya)Meskipun dinyatakan dalam Dhammapada bahwa "tidak di langit, maupun di tengah laut, atau memasuki sebuah gua gunung ditemukan bahwa tempat di bumi di mana orang dapat melarikan diri dari (akibat) perbuatan jahat", namun ada yang tidak terikat untuk membayar semua tunggakan masa lalu Karma seseorang. Jika seperti itu emansipasi kasus akan menjadi kemustahilan. Kekambuhan kekal yang akan menjadi hasil disayangkan.Apa penyebab Karma?Ketidaktahuan (avijja), atau tidak mengetahui hal-hal sebagaimana adanya, adalah penyebab utama dari Karma. Bergantung pada ketidaktahuan timbul kegiatan (avijja paccaya sankhara) menyatakan Buddha dalam Paticca samuppada (Originasi Dependent).Terkait dengan ketidaktahuan adalah keinginan sekutu (tanha), akar lain dari Karma. Tindakan jahat dikondisikan oleh dua penyebab. Semua perbuatan baik dari seorang worldling (putthujana), meskipun terkait dengan tiga akar sehat dari kemurahan hati (alobha), goodwill (adosa) dan pengetahuan (Amoha), tetap saja dianggap sebagai Karma karena dua akar kebodohan dan keinginan yang tidak aktif di dalam dia . Jenis moral Kesadaran jalan supra-duniawi (magga citta) tidak dianggap sebagai Karma karena mereka cenderung untuk membasmi dua akar penyebab.

    
Siapa pelaku Karma?
    
Siapa menuai buah dari Karma?
    
Apakah cetakan Karma jiwa?Dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan ini halus, Buddhaghosa Mulia menulis di Visuddhi Magga:

    
"Tidak ada pelaku yang melakukan perbuatan;
    
Juga tidak ada orang yang merasa buah;
    
Bagian-bagian penyusunnya saja bergulir;
    
Ini memang! Apakah penegasan benar. "Misalnya, tabel yang kita lihat adalah kenyataan yang jelas. Dalam pengertian akhir tabel yang disebut terdiri dari kekuatan dan kualitas.Untuk tujuan biasa seorang ilmuwan akan menggunakan air panjang, tetapi di laboratorium ia akan mengatakan H 2 0.Dalam cara yang sama, untuk tujuan konvensional, istilah-istilah seperti pria, wanita, menjadi, diri, dan sebagainya digunakan. Yang disebut bentuk sekilas terdiri dari fenomena psikofisik, yang selalu berubah tidak tetap sama untuk dua saat berturut-turut.Buddha, oleh karena itu, tidak percaya pada entitas tak berubah, dalam aktor terpisah dari tindakan, dalam perseptor selain persepsi, dalam sebuah topik sadar di balik kesadaran.Yang kemudian, adalah pelaku Karma? Yang mengalami efeknya?Kemauan, atau Will (tetana), adalah pelaku itu sendiri, Feeling (vedana) itu sendiri mesin penuai buah tindakan. Terlepas dari kondisi mental murni (suddhadhamma) tidak ada satu untuk menabur dan tidak ada yang menuai.Klasifikasi Karma(A) Sehubungan dengan fungsi yang berbeda, Karma diklasifikasikan menjadi empat macam:1. REPRODUKSI KARMA

    
Setiap kelahiran dikondisikan oleh karma yang baik atau buruk masa lalu, yang didominasi pada saat kematian. Karma bahwa kondisi kelahiran masa depan disebut Karma Reproduksi. Kematian seseorang hanyalah 'sebuah akhir sementara dari fenomena sementara. Meskipun bentuknya yang sekarang binasa, bentuk lain yang bukan sama atau benar-benar berbeda terjadi, menurut potensi pemikiran-getaran yang dihasilkan pada saat kematian, karena gaya Karmic yang mendorong kehidupan-flux masih bertahan. Ini adalah pemikiran terakhir, yang secara teknis disebut Reproduksi (Janaka) Karma, yang menentukan keadaan seseorang dalam kelahiran berikutnya nya. Ini dapat berupa Karma baik atau buruk.

    
Menurut Commentary tersebut, Karma Reproduksi adalah bahwa yang menghasilkan unsur batiniah dan agregat material pada saat pembuahan. Kesadaran awal, yang disebut kesadaran patisandhi kelahiran kembali, dikondisikan oleh Karma (Janaka) Reproduksi. Simultan dengan munculnya kesadaran kelahiran kembali-, ada muncul 'tubuh-dekadean', 'seks dekadean' dan 'dasar-dekadean' (kaya-bhavavatthu dasakas). (Dekadean = 10 faktor).

    
(A) Badan-dekadean terdiri dari:

        
Unsur ekstensi (pathavi).
        
Unsur kohesi (apo).
        
Unsur panas (Tajo).
        
Unsur gerak (vayo).

    
(B) empat derivatif (upadana rupa):

        
Warna (Vanna).
        
Bau (gandha).
        
Rasa (rasa).
        
Nutrisi Essence (Oja)

    
Kedelapan (mahabhuta 4 + upadana 4 = 8) yang secara kolektif disebut Avinibhoga Rupa (bentuk tidak terpisahkan atau bahan tidak terpisahkan).

    
(C) Vitalitas (jivitindriya) dan Tubuh (kaya)

    
Ini (avinibhoga 8 + 1 + jivitindriya Kaya 1 = 10) sepuluh yang secara kolektif disebut "Body-dekadean" = (Kaya dasaka).

    
Sex-dekadean dan Base-dekadean juga terdiri dari sembilan pertama, seks (bhava) dan kursi kesadaran (vathu) masing-masing (yaitu mata, telinga, hidung, lidah, dan tubuh).

    
Dari sini, jelas bahwa jenis kelamin seseorang ditentukan pada konsepsi dari keberadaan sebuah. Hal ini dikondisikan oleh Karma dan bukan merupakan kombinasi kebetulan sperma dan sel telur. Para Nyeri dan Kebahagiaan satu pengalaman dalam perjalanan hidup seseorang adalah konsekuensi tak terelakkan dari Reproduksi Kamma.2. MENDUKUNG KARMA

    
Yang datang di dekat Reproduksi (Janaka) Kamma dan mendukungnya. Hal ini tidak baik atau buruk dan itu membantu atau mempertahankan tindakan dari Karma (Janaka) Reproduksi dalam perjalanan hidup seseorang. Segera setelah pembuahan sampai saat kematian ini Karma langkah maju untuk mendukung Reproduksi Karma. Sebuah mendukung moral (kusala upathambhaka) Karma membantu dalam memberikan kesehatan, kekayaan, dll kepada kebahagiaan yang lahir dengan Karma Reproduksi moral. Sebuah Karma mendukung bermoral, di sisi lain, membantu memberikan rasa sakit, penderitaan, dll kepada yang lahir dengan sebuah Karma (akusala Janaka) bermoral reproduksi, seperti misalnya ke binatang beban.3. OBSTRUKTIF KARMA KARMA ATAU berlawanan

    
Yang, tidak seperti yang pertama, cenderung untuk melemahkan, mengganggu dan menghambat hasil dari Reproduksi Karma. Misalnya, orang yang lahir dengan baik Reproduksi Karma dapat dikenakan berbagai penyakit dll, sehingga mencegah dia dari menikmati hasil bahagia tindakan baiknya. Binatang, di sisi lain, yang lahir dengan Karma Reproduksi buruk dapat menyebabkan kehidupan yang nyaman dengan mendapatkan makanan yang baik, penginapan, dll, sebagai akibat dari berlawanan baiknya atau obstruktif (upabidaka) Karma mencegah hasil dari kejahatan Reproduksi Karma.4. MERUSAK (UPAGHATAKA) Karma

    
Menurut hukum Karma potensi energi Karma Reproduksi dapat dibatalkan oleh Karma menentang hanya kuat dari masa lalu, yang, mencari kesempatan, mungkin secara tak terduga beroperasi, hanya sebagai kekuatan berlawanan yang kuat dapat menghalangi jalan dari terbang panah dan membawanya ke tanah. Tindakan seperti ini disebut Merusak (upaghataka) Karma, yang lebih efektif dibandingkan dengan dua sebelumnya karena tidak hanya obstruktif tetapi juga menghancurkan seluruh kekuatan. Ini Karma Merusak juga dapat berupa baik atau buruk.

    
Sebagai contoh operasi semua empat, kasus Devadatta, yang mencoba untuk membunuh Sang Buddha dan yang menyebabkan perpecahan dalam Sangha (murid-murid Sang Buddha) dapat disebut. Karma baik Reproduksi Nya membawa dia lahir dalam keluarga kerajaan. Nya terus kenyamanan dan kemakmuran adalah karena tindakan dari Karma pendukung. Karma berlawanan atau obstruktif datang ke dalam operasi ketika ia tunduk pada penghinaan banyak sebagai hasil dari yang ia dikucilkan dari Sangha. Akhirnya Merusak Karma membawa hidupnya ke akhir menyedihkan.(B) Ada lagi klasifikasi Karma, sesuai dengan prioritas efek:

    
Berat (GARUKA) Karma.

    
Hal ini baik berat atau serius - dapat berupa baik atau buruk. Ini menghasilkan hasil dalam kehidupan ini atau di akhirat pasti. Jika baik, itu adalah murni mental dalam kasus Jhana (ecstasy atau penyerapan). Jika tidak itu adalah lisan atau tubuh. Di sisi Immoral, ada lima segera kejahatan keji efektif (pancanantariya karma): pembunuhan ibu, pembunuhan ayah, dan pembunuhan seorang Arahat, melukai seorang Buddha dan penciptaan perpecahan di dalam Sangha. Skeptisisme Tetap (Niyata Micchaditthi) juga disebut salah satu dari (garuka) karma berat.

    
Jika, misalnya, setiap orang adalah untuk mengembangkan jhana (ecstasy atau penyerapan) dan kemudian itu melakukan salah satu kejahatan keji, Karma baiknya akan dihapuskan oleh Karma jahat kuat. Kelahiran berikutnya Nya akan dikondisikan oleh Karma jahat, meskipun bermain setelah mendapatkan jhana tadi. Devadatta kehilangan kekuatan psikis dan lahir dalam keadaan jahat, karena ia terluka Sang Buddha dan menyebabkan perpecahan di dalam Sangha.

    
Raja Ajatasattu akan mencapai tingkat kesucian pertama (Sotapanna) jika ia tidak melakukan pembunuhan ayah. Dalam hal ini Karma jahat kuat bertindak sebagai hambatan bagi kesucian, Gaining.
    
Terdekat (ASANNA) KARMA ATAU KEMATIAN proksimat KARMA

    
Inilah yang dilakukan seseorang atau ingat segera sebelum saat sekarat. Karena bagian besar yang dimainkannya dalam menentukan kelahiran masa depan, banyak pentingnya dicapai ini sekarat (asanna) Karma di hampir semua negara Buddhis. Kebiasaan mengingatkan pria sekarat karena perbuatan baik dan membuat dia melakukan perbuatan baik di ranjang kematiannya masih berlaku di negara-negara Buddhis.

    
Kadang-kadang orang yang buruk dapat mati dengan bahagia dan menerima kelahiran yang baik jika ia ingat atau melakukan tindakan yang baik pada saat terakhir. Sebuah cerita berjalan bahwa algojo tertentu yang santai terjadi untuk memberikan beberapa sedekah kepada YA Sariputta ingat tindakan yang baik pada saat sekarat dan lahir dalam keadaan yang penuh kenikmatan. Ini tidak berarti bahwa meskipun ia menikmati kelahiran baik ia akan membebaskan dari efek perbuatan jahat yang terakumulasi selama hidupnya. Mereka akan memiliki efek karena ada sebagai kesempatan muncul.

    
Pada saat orang baik bisa mati bahagia dengan tiba-tiba teringat suatu tindakan jahat nya atau dengan menyembunyikan beberapa pemikiran barangkali, menyenangkan dipaksa oleh keadaan yang tidak menguntungkan. Dalam tulisan suci, Ratu Mallika, istri Raja Kosala, mengingat kebohongan ia diucapkan, menderita selama sekitar tujuh hari dalam keadaan kesengsaraan ketika dia berbohong kepada suaminya untuk menutupi beberapa kenakalan.

    
Ini adalah kasus luar biasa. Seperti terbalik perubahan akun kelahiran untuk kelahiran anak-anak yang saleh kepada orang tua setan dan anak setan untuk orang tua yang saleh. Sebagai hasil dari momen pikiran terakhir yang disyaratkan oleh perilaku umum dari orang tersebut.
    
Habitual (ACCINA) Karma

    
Hal ini yang pada biasa melakukan dan mengingat kembali dan untuk mana yang memiliki kegemaran besar. Kebiasaan apakah baik atau buruk menjadi sifat yang kedua, cenderung untuk membentuk karakter seseorang. Pada saat-saat tak dijaga satu sering penyimpangan dalam pola pikir kebiasaan mental seseorang. Dengan cara yang sama, pada saat kematian-, kecuali dipengaruhi oleh keadaan lain, seseorang biasanya ingat dalam pikiran perbuatan kebiasaan seseorang.

    
Cunda, tukang daging, yang tinggal di sekitar biara Buddha, meninggal berteriak seperti binatang karena ia mencukupi kebutuhan hidupnya dengan memotong babi.

    
Raja Dutthagamini dari Ceylon (Sri Lanka) berada di kebiasaan memberikan sedekah kepada para bhikkhu (biarawan) sebelum ia mengambil makanan sendiri. Itu adalah Karma kebiasaan bahwa gladdened dia pada saat sekarat dan memberinya lahir di surga Tusita.
    
CADANGAN ATAU KUMULATIF (KATATTA) Karma
    
Ini secara harfiah berarti 'karena dilakukan'. Semua tindakan yang tidak termasuk dalam tindakan-tindakan tersebut dan segera terlupakan masuk kategori ini. Hal ini, karena merupakan dana cadangan dari makhluk tertentu.(C) Ada lagi klasifikasi Karma sesuai dengan waktu di mana efek yang bekerja keluar:

        
Segera Efektif (ditthadhammavedaniya) Karma.
        
Selanjutnya Efektif (uppapajjavedaniya) Karma.
        
Tidak terbatas Efektif (aparapariyavedaniya) Karma.
        
Mati atau tidak efektif (ahosi) Karma.

    
Segera Efektif Karma adalah bahwa yang dialami dalam kehidupan sekarang. Menurut Abhidhamma satu tidak baik baik dan jahat selama proses javana (pemikiran-dorongan), yang biasanya berlangsung selama tujuh momen-pikiran. Pengaruh momen-pikiran pertama, menjadi yang paling lemah, orang dapat menuai dalam kehidupan itu sendiri. Ini disebut Segera Efektif Karma.

    
Jika tidak beroperasi dalam hidup ini, hal itu disebut 'mati atau tidak efektif' Karma.

    
Yang paling lemah berikutnya adalah pemikiran-saat ketujuh. Salah satu efeknya dapat menuai dalam kelahiran subsequence. Ini disebut 'Kemudian Efektif' Karma.

    
Ini juga disebut Karma mati atau tidak efektif jika tidak beroperasi dalam kelahiran kedua. Efek dari saat-saat pikiran-menengah dapat dilakukan setiap saat sampai satu mencapai Nibbana. Jenis Karma dikenal sebagai Karma Tidak terbatas Efektif '.

    
Tidak ada seorang pun, bahkan para Buddha dan Arahantas, dibebaskan dari kelas ini Karma mana yang mungkin mengalami dalam perjalanan seseorang mengembara di Samsara. Tidak ada kelas khusus yang dikenal sebagai Karma mati atau tidak efektif, tetapi ketika tindakan seperti yang seharusnya menghasilkan efek mereka dalam kehidupan ini atau di kehidupan berikutnya tidak beroperasi, mereka diistilahkan Karma mati atau tidak efektif.(D) Klasifikasi terakhir dari Karma sesuai dengan pesawat yang efeknya berlangsung, yaitu:

    
Tindakan jahat (akusala kamma) yang mungkin menua dalam pesawat hidup (kammaloka). (Enam pesawat angkasa ditambah satu pesawat manusia ditambah empat alam yang menderita = sebelas Kamaloka pesawat.) Berikut ini hanya empat kamalokas sedih.
    
Tindakan yang baik (kusala kamma) yang mungkin menua dalam pesawat hidup kecuali untuk empat alam yang menderita.
    
Tindakan yang baik (kusala kamma) yang mungkin menua di Realm Formulir (rupa brahamalokas). Ada empat Arupa Brahma Lokas.Pertanyaan pada Teori KarmaPertanyaan: Apakah karma dari orang tua menentukan atau mempengaruhi karma anak-anak mereka?Jawaban: Secara fisik, Karma anak-anak pada umumnya ditentukan oleh Karma dari orang tua mereka. Dengan demikian, orang tua sehat biasanya memiliki keturunan sehat, tidak sehat dan orang tua memiliki anak yang tidak sehat. Pada efek Karma atau bagaimana anak-anak mereka ditentukan: Karma anak adalah hal yang terpisah dari dirinya sendiri - membentuk individualitas anak, jumlah-total dari manfaat nya dan kerugian yang terakumulasi dalam eksistensi masa lalu tak terhitung banyaknya. Misalnya, Karma dari Buddha-to-be, Pangeran Siddhartha tentu tidak dipengaruhi oleh Karma bersama orang tuanya, Raja Suddhodana dan Ratu Maya. Karma yang mulia dan kuat dari kami Buddha-to-be melampaui Karma dari orang tuanya yang bersama-sama lebih kuat dibandingkan sendiri.Pertanyaan: Jika Karma orangtua tidak mempengaruhi anak-anak mereka, bagaimana fakta dijelaskan bahwa orang tua yang menderita penyakit ganas tertentu cenderung untuk mengirimkan kejahatan-kejahatan untuk keturunannya?Jawaban: Apabila seorang anak mewarisi penyakit semacam itu adalah karena kekuatan karakteristik orang tua karena kekuatan yang terakhir Utu (kondisi yang menguntungkan untuk perkecambahan). Ambil, misalnya, dua biji dari pohon muda, satu pabrik di inferior, tanah kering, dan yang lainnya di kaya, tanah yang lembab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar